SMP Negeri 20 Mengunjungi Museum Basoeki Abdullah

SMP Negeri 20 Mengunjungi Museum Basoeki Abdullah
Museum sebagai salah satu elemen untuk pendidikan sekaligus rekreasi sekarang ini harus bisa menawarkan sesuatu yang berbeda. Museum menawarkan pengalaman nyata akan lebih bermakna daripada sekadar membaca atau melihat gambar. Melihat dengan mata kepala sendiri adalah kunci yang bisa ditawarkan oleh museum

Museum merupakan salah satu sumber pengetahun dan nilai-nilai kearifan lokal, namun kini fenomena menunjukkan generasi muda masih minim kesadarannya mengunjungi museum. Untuk itu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan Dinas Parawisata dan Kebudayaan provinsi Jawa Barat melalui UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat, mengelar Pameran seni rupa yang bekerjasama dengan Museum Basoeki Abdullah, mengundang 2 sekolah di kota Bandung antara lain SMP Negeri 20 Bandung dan SMA BPI untuk menghadiri pembukaan pameran seni rupa tersebut. Dalam pameran ini dipamerkan karya para seniman Jawa Barat ditambah beberapa lukisan potrait karya almarhum Basoeki Abdullah.

Kunjungan kali ini berharap para generasi muda khususnya yang ada di sekolah, bisa mengenal warisan budaya lokal. Selain itu juga supaya mereka tidak melupakan budaya karya dari bangsa mereka sendiri. Sekaligus mengenalkan bahwa bangsa kita ini merupakan bangsa yang memiliki banyak kebudayaan melalui karya sastra visual.

Semoga dengan kunjungan ini dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda kita terhadap warisan budaya bangsa Indonesia dan diharapkan dapat turut serta melestarikan warisan budaya bangsa, khususnya museum.

Ke-28 perwakilan siswa SMP Negeri 20 beserta 3 guru pembimbing sangat menikmati karya-karya yang ditampilkan dalam pameran seni rupa itu. Pameran berjudul “Alter Ego” ini wacana penting terutama tentang keberlangsungan karya-karya Basoeki Abdullah dan karya seniman Jawa Barat dalam mengenalkan budaya kepada para siswa.

Search

Kategori

Berita Baru